Wednesday, July 3, 2013

Linux Lebih Aman daripada Windows

     Kali ini saya akan membahas keunggulan linux dibidang keamanaan dari pada windows. Pasti pada penasarankan kenapa sih linux lebih aman dari pada windows???
Berikut beberapa alasan mengapa linux lebih unggul daripada windows.


Virus di Linux Masih Sedikit
     Sedikitnya virus di Linux merupakan alasan utama mengapa Linux lebih aman dari Windows. Hal ini membuat Linux lebih lebih kebal terhadap serangan virus jika dibandingkan dengan Windows. Sebagaimana kita ketahui bersama, aplikasi antivirus merupakan aplikasi wajib untuk Windows, sementara aplikasi antivirus belum dibutuhkan saat ini di Linux.

Fitur package manager dan repositori
     Aplikasi-aplikasi yang masuk di repositori sudah di-review dan diuji coba sebelum didistribusikan kepada pengguna. Hal ini menambah lapis keamanan Ubuntu. Distribusi Linux yang lain juga memiliki mekanisme package manager dan repositori masing-masing. Sehingga para pengguna linux tidak perlu takut menginstal software karena disini tidak ada software yang berbahaya dan dijamin aman.

Karakter pengguna Linux
     Kebanyakan pengguna Linux adalah orang-orang yang mempunyai pengetahuan tentang dunia komputer atau yang biasa disebut dengan "geek" . Seorang "geek" tidak akan mudah tertipu dengan aplikasi atau situs yang mencurigakan, mereka cenderung berhati-hati. Berbeda dengan pengguna Windows yang kebanyakan orang awam, mudah sekali "tertipu" dengan aplikasi dan situs web tertentu yang menyebarkan virus.

Fitur keamanan lain
     Fitur yang lainnya adalah adanya akses superuser atau akses "root" seperti perintah "sudo" di Ubuntu. Kebanyakan pengguna Linux hanya memiliki hak akses terbatas dan hanya menggunakan hak akses "root" jika diperlukan saja. Hal ini berbeda dengan Windows yang memberikan hampir semua hak akses untuk penggunanya, meskipun hal ini sudah diminimalisir dengan adanya UAC di Windows.

No comments:

Post a Comment